Manajemen Pelayanan (Service Managemen) adalah upaya atau langkah-langkah strategi jitu bagaimana agar pelayanan yang kita berikan kepada (calon) pelanggan bisa membuat mereka terpuaskan.
Kuncinya adalah “PEMBELI ADALAH RAJA”
Kunci dari manajemen pelayanan adalah dimana kita sebaiknya paham dan mengerti bahwa pembeli adalah raja. Kenapa kita harus memposisikan pembeli sebagai raja?
Kekuatan-keuatan tersebut yang menjadi alasan kenapa kita harus melayani pembeli dengan baik. Kita sebagai penjual tidak bisa memaksa pembeli untuk membeli produk kita. Nah, hal yang harus dilakukan adalah bagaimana mereka bisa merasa nyaman, dan puas atas pelayanan yang kita berikan saat mereka membutuhkan jawaban dari produk yang kita jual.
Dengan demikian, keberadaan kita sebagai penjual harus bisa mempersiapkan skill ‘customer service’ yang handal. Semuanya tidak lain untuk meyakinkan dan membujuk calon pembeli melakukan pembelian produk kita secara halus tanpa adanya paksaan.

Coba tempatkan diri anda sebagai pelanggan atau calon pembeli. Kiranya pelayanan yang seperti apa yang membuat anda nyaman?
Tentu pelayanan yang nyaman adalah yang ditunjukan dengan ETIKA yang tinggi. Nah, demikian juga pada saat anda melayani calon pelanggan anda, pastikan anda menjaga etika. Semarah apapun anda, pastikan untuk tetap tenang, lebih baik tidak membalasnya jika calon pelanggan anda sudah begitu memanaskan suasana.
Ada beberapa etika pelayanan pelanggan yang kiranya penting sekali untuk dimiliki oleh setiap customer service. Apa saja? Berikut diantaranya:
Nah, diatas adalah etika umum yang memang disepakati oleh banyak pelaku penjualan untuk dikuasai. Biasanya kalaupun kita tidak senang dengan salah satu pembeli, sebaiknya memang tidak ditunjukan dihadapannya karena urusannya akan lebih panjang.
Pastikan anda terapkan dan pegang teguh etika diatas..
Apabila anda memiliki pegawai atau berencana untuk merekrut pegawai, ada baiknya untuk melakukan proses edukasi yang baik kepada calon pegawai tersebut. Ini penting agar nanti tidak akan ada kesalahpahaman dan juga kesalahan fatal yang mencoreng toko online anda.
Hire Customer Servis memang bisa menjadi suatu pilihan yang pas karena jika kita coba handle sendiri biasanya cukup repot juga. Apalagi biasanya ada banyak sekali calon pembeli yang banyak bertanya sebelum dia transfer. Mau tidak mau, kita harus sabar menghadapinya.
Sebagaimana disebutkan diatas bahwa ‘Pembeli’ adalah tamu yang datang ke toko kita. Maka sudah sewajarnya kita menjamunya dengan baik. Bukan dengan memberikannya makan dan minum, namun lebih penting adalah dengan memberikannya sambutan yang hangat.
Hanya saja tidak semua penjual memiliki skill itu, dan biasanya itu berawal dari kesadaran. Wajarlah kalau marah-marah, namun sebaiknya cukup di belakang calon pembeli saja marah-marahnya. Jangan tunjukan kejengkelan dan kemarahan kita kepada mereka.
Edukasi yang baik pada calon CS menjadi bagian penting sebagai tahapan prorecuirement ataupun sudah terlanjur rekrut, penting untuk lakukan training development mereka. Semuanya tiada lain untuk menyamakan persepsi akan bagaimana seharusnya pelayanan terhadap pelanggan dilakukan.
Kuncinya adalah “PEMBELI ADALAH RAJA”
Kunci dari manajemen pelayanan adalah dimana kita sebaiknya paham dan mengerti bahwa pembeli adalah raja. Kenapa kita harus memposisikan pembeli sebagai raja?
- Pembeli punya kekuatan word by mouth
- Pembeli punya kebebasan untuk memberikan review
- Mau beli atau tidak, itu terserah pembeli.
Kekuatan-keuatan tersebut yang menjadi alasan kenapa kita harus melayani pembeli dengan baik. Kita sebagai penjual tidak bisa memaksa pembeli untuk membeli produk kita. Nah, hal yang harus dilakukan adalah bagaimana mereka bisa merasa nyaman, dan puas atas pelayanan yang kita berikan saat mereka membutuhkan jawaban dari produk yang kita jual.
Dengan demikian, keberadaan kita sebagai penjual harus bisa mempersiapkan skill ‘customer service’ yang handal. Semuanya tidak lain untuk meyakinkan dan membujuk calon pembeli melakukan pembelian produk kita secara halus tanpa adanya paksaan.

#Etika Pelayanan Pelanggan
Coba tempatkan diri anda sebagai pelanggan atau calon pembeli. Kiranya pelayanan yang seperti apa yang membuat anda nyaman?
Tentu pelayanan yang nyaman adalah yang ditunjukan dengan ETIKA yang tinggi. Nah, demikian juga pada saat anda melayani calon pelanggan anda, pastikan anda menjaga etika. Semarah apapun anda, pastikan untuk tetap tenang, lebih baik tidak membalasnya jika calon pelanggan anda sudah begitu memanaskan suasana.
Ada beberapa etika pelayanan pelanggan yang kiranya penting sekali untuk dimiliki oleh setiap customer service. Apa saja? Berikut diantaranya:
- Bersikap Hangat
- Gunakan Bahasa Positif
- Bersabarlah
- Dengarkan
- Berterima kasih
- Simpatik
- Jangan Terbawa Emosi
Nah, diatas adalah etika umum yang memang disepakati oleh banyak pelaku penjualan untuk dikuasai. Biasanya kalaupun kita tidak senang dengan salah satu pembeli, sebaiknya memang tidak ditunjukan dihadapannya karena urusannya akan lebih panjang.
Pastikan anda terapkan dan pegang teguh etika diatas..
# Pentingnya Edukasi CS
Apabila anda memiliki pegawai atau berencana untuk merekrut pegawai, ada baiknya untuk melakukan proses edukasi yang baik kepada calon pegawai tersebut. Ini penting agar nanti tidak akan ada kesalahpahaman dan juga kesalahan fatal yang mencoreng toko online anda.
Hire Customer Servis memang bisa menjadi suatu pilihan yang pas karena jika kita coba handle sendiri biasanya cukup repot juga. Apalagi biasanya ada banyak sekali calon pembeli yang banyak bertanya sebelum dia transfer. Mau tidak mau, kita harus sabar menghadapinya.
Sebagaimana disebutkan diatas bahwa ‘Pembeli’ adalah tamu yang datang ke toko kita. Maka sudah sewajarnya kita menjamunya dengan baik. Bukan dengan memberikannya makan dan minum, namun lebih penting adalah dengan memberikannya sambutan yang hangat.
Hanya saja tidak semua penjual memiliki skill itu, dan biasanya itu berawal dari kesadaran. Wajarlah kalau marah-marah, namun sebaiknya cukup di belakang calon pembeli saja marah-marahnya. Jangan tunjukan kejengkelan dan kemarahan kita kepada mereka.
Edukasi yang baik pada calon CS menjadi bagian penting sebagai tahapan prorecuirement ataupun sudah terlanjur rekrut, penting untuk lakukan training development mereka. Semuanya tiada lain untuk menyamakan persepsi akan bagaimana seharusnya pelayanan terhadap pelanggan dilakukan.
0 Comments