Blog Digital Kekinian

iklan banner

Segmentasi Pasar dan Klasifikasi Pembeli

Untuk menjawab kenapa banyak prilaku calon pembeli yang seperti itu, maka ada dua jawaban utama yakni segmentasi pasar dan respon kita pada pelanggan. Segemntasi pasar memang kajian utama yang harus dipahami yang mana terdiri dari demografi dan market psikologi.

Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Ada beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan:

  • Siapa target pasar anda? (Pria atau wanita, anak muda, atau orang tua)
  • Dimana lokasi tinggal target pasar anda? (perkotaan, perdesaan, atau lainnya)
Psikologi Pasar adalah perasaan dan sikap yang dialami atau dimiliki oleh pasar dalam waktu tertentu.

  • Bagaimana karakter pembeli perempuan+pria?
  • Bagaimana karakter pembeli anak mudah+orang tua?
  • Bagaimana karakter pembeli perkotaan+perdesaan?
Dengan memahami karakter pasar anda, maka ini akan sangat membantu anda dalam mengetahui tindakan atau respon seperti apa yang harus ditunjukan saat menghadapi calon pelanggan dari target market anda. Jelas, menghadapi pembeli wanita akan beda dengan menghadapi pembeli pria. Begitup dengan pembeli anak muda dengan orang tua.  

Baca Juga

#Klasifikasi (Calon) Pembeli

Sebelum anda terju melayani pembeli, ada baiknya kalau anda paham akan klasifikasi (calon) pembeli. Setidaknya ada tiga jenis yang paling utama dan sebaiknya anda paham akan hal itu. Kenapa? Karena ketiganya butuh service atau layanan yang berbeda.

Prospect Buyer

Prospect buyer atau dalam Bahasa Indonesia adalah calon pembeli adalah orang baru yang menghubungi kita lewat chatting. Biasanya mereka belum pernah membeli dari toko kita sebelumnya, sehingga saat datang mereka banyak nanya-nanya terlebih dahulu. Bagaiaman agar deal? Silahkan anda sapa, tanya, dan tawarkan produk terbaik.

Repeat Buyer

Selanjutnya adalah repeat buyer yakni konsumen yang sebelumnya sempat membeli produk dari toko kita. Dia datang lagi dan mau beli kembali. Pelayanan yang bisa kita lakukan bisa saja berbeda. Hal yang bisa dilakukan yakni dengan menanyakan kualitas produk yang sebelumnya dia beli dari toko kita.

Loyal Consumers

Nah, klasifikasi yang ketiga adalah pembeli yang sudah sering membeli produk dari toko kita. Pembeli seperti ini diklasifikasikan sebagai konsumen yang loayl. Artinya bukan hanya sebagai pembeli namun sudah layak untuk disebut sebagai konsumen tetap. Nah, yang seperti ini adalah yang harus dijaga dan jangan sampai lari ke penjual lain.
0 Comments